Penulis / NIM
RISNA A. KABADERAN / 151410161
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Risna A. Kabaderan, 2014.Meningkatkan Kemampuan Membaca danMenyimak
Melalui Permainan Kartu Kalimat di kelas III SDN 3 Mootilango Kecamatan
Mootilango Kabupaten Gorontalo.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I
Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd danPembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd,
M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini apakah kemampuan membaca dan menyimak
siswa kelas III SDN 3 Mootilango dapat ditingkatkan melalui permainan kartu
kalimat.Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan
kemampuan membaca dan menyimak siswapadamatapelajaranBahasa Indonesia
di kelas III SDN 3 Mootilango menggunakan permainan kartu kalimat. Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas.Teknik pengambilan data yang digunakan
yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes yang berlangsung 2 siklus.
Hasil pada observasi awal, yang mampu membaca dan menyimak 6 orang (25%)
dan yang belum mampu membaca dan menyimak 18 orang (75%).Padasiklus 1
menunjukkan bahwa siswa yang tepat membaca dengan lafal16 orang (68%), 6
orang (25%) kurang tepat, dan2 orang (8,4%)tidak tepat, pada aspek intonasi 3
orang (13%) tepat, 19 orang (79%) kurang tepat, dan 2 orang (8,4%) tidak tepat,
aspek kefasihan 8 orang (33%) tepat, 14 orang(58%) kurang tepat dan 2 orang
(8,4%) tidaktepat, aspekkeaktifan 15 orang (63%) aktif, 8 orang (33%) kurang
aktif, dan 2 orang (8,4%) tidak tepat, aspek menyenangkan 12 orang (50%)
senang, 10 orang (42%) kurang senang, dan 2 orang (8,4%) tidak senang.
Menyimak pada aspek menangkap informasi, ide dan pesan12 orang (50%)tepat,
10 orang (42%) kurangtepat, dan 2 orang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan
pada siklus 2 pembelajaran meningkat. Yang tepat membaca dan menyimak 21
orang (88%), 1 orang (4%) kurangtepatdan 2 orang (8,4%). Sehingga kesimpulan
akhir dari penelitian ini bahwa tindakan perbaikan pembelajaran membaca dan
menyimak pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 3 Mootilango
Kecamatan Mootilango.Melalui permainan kartu kalimat,mengalami peningkatan.
Kata Kunci :Membaca,Menyimak, PermainanKartuKalimat
Download berkas