SKRIPSI

Penulis / NIM
RISNA A. KABADERAN / 151410161
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK Risna A. Kabaderan, 2014.Meningkatkan Kemampuan Membaca danMenyimak Melalui Permainan Kartu Kalimat di kelas III SDN 3 Mootilango Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd danPembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini apakah kemampuan membaca dan menyimak siswa kelas III SDN 3 Mootilango dapat ditingkatkan melalui permainan kartu kalimat.Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menyimak siswapadamatapelajaranBahasa Indonesia di kelas III SDN 3 Mootilango menggunakan permainan kartu kalimat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes yang berlangsung 2 siklus. Hasil pada observasi awal, yang mampu membaca dan menyimak 6 orang (25%) dan yang belum mampu membaca dan menyimak 18 orang (75%).Padasiklus 1 menunjukkan bahwa siswa yang tepat membaca dengan lafal16 orang (68%), 6 orang (25%) kurang tepat, dan2 orang (8,4%)tidak tepat, pada aspek intonasi 3 orang (13%) tepat, 19 orang (79%) kurang tepat, dan 2 orang (8,4%) tidak tepat, aspek kefasihan 8 orang (33%) tepat, 14 orang(58%) kurang tepat dan 2 orang (8,4%) tidaktepat, aspekkeaktifan 15 orang (63%) aktif, 8 orang (33%) kurang aktif, dan 2 orang (8,4%) tidak tepat, aspek menyenangkan 12 orang (50%) senang, 10 orang (42%) kurang senang, dan 2 orang (8,4%) tidak senang. Menyimak pada aspek menangkap informasi, ide dan pesan12 orang (50%)tepat, 10 orang (42%) kurangtepat, dan 2 orang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus 2 pembelajaran meningkat. Yang tepat membaca dan menyimak 21 orang (88%), 1 orang (4%) kurangtepatdan 2 orang (8,4%). Sehingga kesimpulan akhir dari penelitian ini bahwa tindakan perbaikan pembelajaran membaca dan menyimak pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 3 Mootilango Kecamatan Mootilango.Melalui permainan kartu kalimat,mengalami peningkatan. Kata Kunci :Membaca,Menyimak, PermainanKartuKalimat
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011