Penulis / NIM
LISPIN AHMAD / 151410163
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK
Lispin Ahmad.Tahun 2012 Nim: 151 410 163, denganjudul“MeningkatkanPemahamanSiswaTentangBentuk-bentukDaunPadaTumbuhanMelaluiPendekatanInquiriDi KelasIV SDN 14 DulupiKecamatanDulupiKabupatenBoalemo” di bawahbimbinganProf. Dr. H. HarisPanaI, S.Pd., M.Pd. (Pembimbing I) dan Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd., M.Pd.
Rendahnyakemampuanbelajarsiswakelas IV SDN 14 Dulupidalammeningkatkankemampuansiswamemahamibentuk-bentukdaunmelaluimetodedemonstrasimenjadipendorongbagipenulisuntukmengadakanpenelitiantindakankelasini, mencarijalanterbaikbagamanacarameningkatkanpemahamansiswatentangbentuk-bentukdaunpadatumbuhanmelaluipendekataninquiri di kelas IV SDN 14 Dulupi. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanpemahamansiswaterhadapbentuk-bentukdaunkhususnyadikelas IV SD.Teknik yang digunakandalampengumpulan data yaituteknikobservasipartisipatif, sedangkanteknikanalisis data dilaksanakansecarakualitatif.Dari hasilpenelitiandiperolehbahwapemahamansiswatentangbentuk-bentukdaundapatmeningkatmelaluipendekataninquiri. Hal initerlihatdarihasilobservasiawaluntukapekkemampuansiswamengamatibentuk-bentukdaunpadaobservasiawal 54%, siklus I 56%, siklus II 87%, kemampuansiswamenjelaskanbentuk-bentukdaunpadaobservasiawal 51%, siklus I 66%, siklus II 96%, dankemampuansiswamenjelaskanbentuk-bentukdaunpadaobservasiawal 52%, siklus I 71% dansiklus II 92%, denganpeningkatanrata-rata observasiawal 52%, siklus I 71% dansiklus II 92%. Berdasarkanhasilpenelitian di atasdapatdisimpulkanbahwapemahamansiswaterhadapbentuk-bentukdaundikelas IV SDN 14 Dulupidapatmeningkatmelaluimetodeinquiri.
Kata Kunci :pemahamansiswa, bentuk-bentukdaun, pendekataninquiri
Download berkas