Penulis / NIM
LISVAN KUMAI / 151410168
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
LISVAN KUMAI, 2012. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Dalam Mengungkapkan Pendapat Melalui Metode Diskusi Di Kelas V SDN 02 Tilamuta. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Pembimbing I, Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II, Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M. Pd.
Yang menjadi permasalahan pada skripsi ini adalah “Apakah kemampuan berbicara siswa dalam mengungkapkan pendapat di kelas V SDN 02 Tilamuta dapat ditingkatkan?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam mengungkapkan pendapat melalui metode diskusi di kelas V SDN 02 Tilamuta , Kabupaten Boalemo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil jika memenuhi indikator kinerja, yaitu: 1) jika hasil belajar seluruh siswa mencapaai nilai 6,5 keatas dan 2) jika daya serap mencapai 75 %.
Hasil penelitian dan pembahasan, siklus 1 belum berhasil mencapai indikator kinerja, dengan ketuntasan 65 %. Dengan melihat hasil ini maka penelitian dilanjutkan kesiklus berikutnya. Setelah diadakan proses perbaikan pada siklus II, maka hasil yang diperoleh siswa meningkat dengan ketuntasan 90% atau bisa dikatakan telah berhasil. Kesimpulannya dalam hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dalam penelitian ini, memberikan kejelasan bahwa kemampuan belajar siswa dalam mengungkapkan pendapat melalui metode diskusi dapat ditingkatkan.
Kata Kunci: Berbicara,Mengungkapkan Pendapat, Metode Diskusi
Download berkas