Penulis / NIM
SALMA MASEKE / 151410170
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Salma Maseke. Nim: 151 410 170, dengan judul “Meningkatkan Pemahaman Pada Mata Pelajaran PKn Materi Peran Serta Dalam Pembentukan Organisasi Melalui Metode Bermain Peran di Kelas VA SDN 23 Kecamatan Dungingi Kota Goirontalo” di bawah bimbingan Dra. Elmia Umar, M.Pd (Pembimbing I) dan Nurhayati Tine, S.Pd., M.Hi
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah melalui metode permain peran maka kemampuan siswa kelas V SDN 23 kecamatan Dungingi pada materi peran serta dalam pembentukan organisasi dapat meningkat. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan belajar siswa terhadap materi peran serta pembentukan organisasi setelah diterapkannya metode bermain peran di SDN 23 Dungingi kecamatan Dungingi Kota Gorontalo den gan jumlah siswa 27 orang yang yang terdiri dari 15 siswa putra dan 12 siswa perempuan. Penelitian dilakukan melalui tahapan yang meliputi observasi awal, siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian diperoleh bahwa pemahaman siswa tentang pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn materi peran serta dalam pembentukan organisasi melalui metode bermain peran telah mengalami peningkatan. Pada observasi awal kondisi pemahaman siswa masih tergolong rendah, pada siklus I untuk aspek peran serta dalam kelompok meningkat 75%, siklus II meningkat 80%, ketepatan dalam bermain peran pada siklus I 65%, siklus II 81%, disiplin dalam diskusi pada siklus I 63% dan siklus II 80% dan keterampilan berbicara pada siklus I 69% dan siklus II 84% dengan peningkatan rata-rata siklus I 68,21% dan siklus II 81,48%.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi peran serta pembentukan organisasi di SDN 23 Dungingi kecamatan Dungingi Kota Gorontalo dapat diterapkan melalui metode bermain peran.
Kata Kunci : pemahaman siswa, materi peran serta dalam organisasi, metode bermain peran
Download berkas