Penulis / NIM
ROSMAWATI / 151410173
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Rosmawati. Nim: 151 410 173, dengan judul“Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengeluarkan Pendapat Materi musyawarah pada Mata Pelajaran PKn Melalui Metode Role Playing di Kelas VB SDN 23 Kecamatan Dungingi Kota Goirontalo” di bawah bimbingan Dra. Elmia Umar, M.Pd(Pembimbing I) dan Nurhayati Tine, S.PdI., M.Hi
Rumusan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode role playing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalaam mengelaurkan pendapat materi musyawarah pada mata pelajaran Kn di kelas VB SDN 23 kecamatan Dungingi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam dalam mangeluarkan pendapat setelah diterapkannya metode role playing di SDN 23 Dungingi kecamatan Dungingi Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 21 orang yang yang terdiri dari 11 siswa putra dan 10 siswa putri. Adapun metode yang digunakan adalah deskripsif kualitatif.
Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan siswa dalam mengeluarkan pendapat pada mata pelajaran PKn materi musyawarah melalui metode role playing telah mengalami peningkatan. Hasil pada siklus I menampakkan bahwa aspek-aspek kemampuan siswa dalam mengeluarkan pendapat cenderung berkategori cukup dengan perolehan skor rata-rata 61%. Kemudia pada siklus II, aspek-aspek kemampuan siswa dalam mengeluarkan pendapat mengalami peningkatan sebesar 81%dengan kategori baik.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalkam mengeluarkan pendapat pada mata pelajaran PKn materi musyawarah di kelas VB SDN 23 Dungingi kecamatan Dungingi Kota Gorontalo dapat diterapkan melalui metode role playing
Kata Kunci :kemampuan siswa mengeluarkan pendapat, materi musyawarah, metode role playing
Download berkas