Penulis / NIM
RICKY DAMOGALAD / 151410176
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
Ricky Damogalad. 2014.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas V SDN 7 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si
Masalah dalam penelitian ini adalah Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDN 7 Batudaa Pantai Kab. Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDN 7 Batudaa Pantai Kab. Gorontalo. Tempat dilaksanakan penelitian ini yaitu di SDN 7 Batudaa Pantai Kab. Gorontalo yang terletak di Desa Biluhu Timur Kec. Batudaa Pantai Kab. Gorontalo. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan fenomenologis dengan jenis penelitian kualitatif, artinya bahwa dalam penelitian ini peneliti berusaha memahami arti sebuah peristiwa dan kaitanya terhadap objek penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas V SDN 7 Batudaa Pantai Kab. Gorontalo dipengaruhi oleh faktor ekstrinsik dan faktor intrinsik. Adapun faktor intirinsiknya adalah berasal dari dalam diri siswa itu sendiri, dorongan memang benar-benar berasal dari dalam diri siswa dan faktor yang berasal dari luar atau ekstrinsik adalah faktor yang berasal dari lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.
Kata Kunci : Faktor-Faktor Motivasi, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS
Download berkas