Penulis / NIM
FITRAYANTI I. LABALO / 151410181
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Abstrak
ABSTRAK
Fitriyanti.Labalo.2012. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Pengelolaan Kelas Pada Materi Menulis Karangan. Penelitian di Kelas IV SDN 04 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. RATNARTI PAHRUN M. Pd dan Pembimbing 2 Dra. HAWA PATTIIHA S.Pd, M.Pd
Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan pendekatan pengelolaan kelas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 04 Tilamuta Kabupaten Boalemo.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pendekatan pengelolaan kelas. Cara pengambilan data dilaksanakan saat pembelajaran telah selesai dengan memeriksa hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan pendekatan pengelolaan kelas dapat meningkatkan kemampuan motivasi belajar siswa dalam menulis karangans. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada siklus I mencapai 65,36%(13 orang), dan pada siklus II 75,27%(28 orang) dari 33 orang siswa.
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pengelolaan kelas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV SDN 04 Tilamuta Kabupaten Boalemo.
Kata Kunci : Menulis Karangan, Pendekatan pengelolaan kelas
Download berkas