SKRIPSI

Penulis / NIM
ASONG ABAS / 151410182
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK ASONG ABAS, 2012 “Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Proses Daur Air Dan Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhinya Melalui Pembelajaran Discoveri Di Kelas V SDN 04 Tilamuta Kabupaten Boalemo Suatu penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Gorontalo, Program S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Pembimbing I Prof.Dr.H.Abdul Haris Panai,S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Ahmad Lamusu,S.Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah pemahaman siswa pada proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya melalui metode pembelajaran discoveri di kelas V SDN 04 Tilamuta akan meningkat. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dianalisis dengan tujuan untuk mendeskripsikan keadaan atau fenomena yang terjadi dengan fokus permasalahan yang diteliti yang menyangkut peningkatan pemahaman siswa pada proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya melalui metode pembelajaran discoveri di Kelas V SDN 04 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Hasil penelitian tentang pemahaman siswa pada materi Proses Daur air Dan Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhinya melalui metode Pembelajaran Discoveri Di kelas V SDN 04 Tilamuta menunjukan bahwa perolehan data dari observasi awal terdapat 10 orang atau 43.5% dari 23 orang siswa yang sudah memahami materi proses daur air dan 13 orang atau 56.5% yang belum memahami materi proses daur air maka dilanjutkan ke siklus I maupun siklus II disini terlihat peningkatan dari hasil belajar anak. Pada siklus I rata-rata 65.2% dan pada siklus II meningkat menjadi 87% sehinggah indikator kinerja berhasil. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SDN 04 Tilamuta dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran discoveri pada materi Daur air dapat meningkatkan pemahaman siswa. Kata kunci: Pemahaman Siswa Dan Metode Pembelajaran Discoveri
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011