Penulis / NIM
YUSNA ANTUKE / 151410187
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK
Yusna Antuke, 2012“Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung Melalui Alat Bantu Garis Bernomor pada Kelas II SDN 1 Luhu Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo”Skripsi: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra.Ratnarti Pahrun, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Evi Hasyim, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini adalah: rendahnya keterampilan siswa kelas II SDN 1 Luhu Kecamatan Telaga dalam menulis huruf tegak bersambung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis huruf tegak bersambung melalui alat bantu garis bernomor.
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan teknik observasi dan tes kemampuan siswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif deskriptif persentase.Berdasarkan hasil penilaian pada siklus I menunjukkan bahwa
nilai rata-rata yang dicapai adalah 68,45. Dari 24 siswa yang telah mencapai ketuntasan dalam
belajar sebanyak 15 siswa atau 62,5%, sedangkan hasil analisis belajar siswa pada evaluasi akhir
siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai oleh 24 siswa kelas II adalah 75,08.
Siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 20 siswa atau 83,33% atau mengalami
peningkatan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis huruf tegak bersambung
dengan menggunakan alat bantu garis bernomor dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas II
SDN 1 Luhu Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Untuk itu disarankan agar guru kelas II
dalam melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis huruf tegak bersambung
dapat menggunakan alat bantu garis bernomor untuk memudahkan siswa dalam menulis.
Kata Kunci : keterampilan menulis, huruf tegak bersambung, dan alat bantu
garis bernomor
Download berkas