Penulis / NIM
YULIN A. K. DAHU / 151410189
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Yulin AK. Dahu, 2012 “Meningkatkan Kemampuan Siswa Menceritakan Isi Dongeng Melalui Media Audio Visual Di Kelas V SDN 1 Kayubulan Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo”Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra.Hj. Evi Hasyim, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Dajani Suleman, M.Hum
Masalah dalam penelitian ini adalah: rendahnya kemampuan siswa kelas VSDN 1 Kayubulan Kecamatan Limboto dalam menceritakan isi dongeng. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan isi dongeng melalui media audio visual.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan teknik observasi dan tes kemampuan siswa.
Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif deskriptif persentase.
Berdasarkan data observasi awal hasil penilaian terhadap kemampuan siswa dalam menceritakan isi dongeng adalah nilai rata-rata 59,85.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan satu kali pertemuan yang setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data analisis kemampuan siswa pada evaluasi siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai adalah 69,85. Dari 27 siswa yang terdapat di kelas V SDN 1 Kayubulan yang telah
mampu dalam menceritakan isi dongeng sebanyak 13 siswa atau 48,14%, sedangkan siswa yang tidak mampu sebanyak 14 siswa atau 51,86%. Hasil analisis belajar siswa pada evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa nilai rata- rata yang dicapai oleh 27 siswa kelas V adalah 77,00. Siswa yang telah mampu dalam bercerita sebanyak 22 siswa atau 81,48% sedangkan yang tidak mampu dalam belajar sebanyak 5 siswa atau 18,52%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN 1 Kayubulan Kecamatan Limboto dalam menceritakan isi dongeng. Untuk itu disarankan agar guru kelas V dalam melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia dapat menggunakan media audio visual.
Kata Kunci : kemampuan siswa, cerita dongeng, dan media audio visual.
Download berkas