Penulis / NIM
RIANA RIZANTI PAPUTUNGAN / 151410193
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Riana Rizanti Paputungan.2015. Peran Guru Dalam Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA Di Kelas III SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. JurusanPendidikan Guru SekolahDasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, M.Si dan Pembimbing II. Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peran Guru Dalam Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA Di Kelas III SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bulango ?".Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Peran Guru Dalam Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA Di Kelas III SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menjadi subyek penelitian adalah Guru wali kelas III SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa Guru kelas III SDN 3 Bulango Timur dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode demonstrasidari 16 aspek yang diamati yang Nampak hanya 8 aspek langkah-langkah metode demonstrasi yang dilaksanakan. Adapun kesimpulan dari penelitiini adalah Peran Guru Dalam Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA Di Kelas III SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango tergolong kurang baik, karena guru kelas III dalam menggunakan metode demonstrasi tidak sesuai dengan langkahlangkah demonstrasi dan tidak pula memiliki buku pedoman model-model pembelajaran terutama buku pedoman metoded emonstrasi. Sehingga pada saat pembelajaran Guru kelas III dalam menggunakan metode demonstrasi hanya sesuai dengan caranya sendiri tanpa menggunakan buku pedoman metode demonstrasi.
Katakunci: Metode Demonstrasi, Pembelajaran IPA
Download berkas