Penulis / NIM
SANTI PILOMONU / 151410197
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Santi Pilomonu. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menulis puisi huruf tegak
bersambung melalui metode latihan pada siswa kelas II SD Cokroaminoto
Motongkad Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra Hj, Evi Hasyim M.Pd. dan
Pembimbing II Wiwy T Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah “ Apakah dengan metode latihan
dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf tegak bersambung siswa kelas II SD Cokroaminoto Motongkad?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi huruf tegak bersambung melalui metode latihan.
Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dibagi menjadi dua siklus yang setiap siklus terdii dari tahap persiapan, tahap tindakan, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil capaian siswa hanya mencapai 56,2% pada siklus I. Pada siklus II mencapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 74.9%. Dengan demikian hasil capaian siswa pada siklus II sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis puisi huruf tegak bersambung dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode Latihan
Kata Kunci : Menulis Huruf Tegak Bersambung dan Metode Latiha
Download berkas