Penulis / NIM
YUSNITA S. PILOMONU / 151410198
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
Yunita S. Pilomonu. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Narasi Melalui Metode Pemberian Tugas Di Kelas IV SD Inspres Paguat Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Sumarni Mohammad, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SD Negeri 2 Pentadu Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato dalam menulis narasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis narasi melalui metode pemberian tugas di kelas IV SD Inpres Bunuyo Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato dan untuk memperbaiki proses pembelajaran menulis.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan tes dengan siklus. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka diperoleh hasil bahwa pada siklus I kemampuan siswa menulis narasi meningkat menjadi 8 oarang atau persentase 40% dan yang tidak mampu sejumlah 12 orang atau 60 %. Selanjutnya pada tindakan siklus II kemampuan siswa menulis narasi lebih meningkat menjadi 15 orang atau persentase 75% dan tidak mampu 5 orang atau 25%. Simpulannya bahwa penggunaan metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SD Inpres Bunuyo Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato.
Kata kunci: Kemampuan Menulis Narasi, Pemberian Tugas.
Download berkas