Penulis / NIM
DURRATUN NASIHA LIMALO / 151410201
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
DurratunNasihaLimalo. Nim 151 410 201, 2014, Penerapan Pendekatan
Contextual Teaching Learning dalam Menulis Puisi Di Kelas V SDN 9
Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidkan Guru
SekolahDasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas NegeriGorontalo,
PembimbingI Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd,dan Pembimbing II Dr. Yusuf
Jafar, M.Pd.
Permasalahan penelitian ini adalah"Bagaimana Penerapan Pendekatan Contextual
Teacing Learning dalamMenulisPuisi Di Kelas V SDN 9 BongomemeKabupaten
Gorontalo?"Penelitianini
bertujuan
untuk
mendeskripsikanpenerapan
pendekatancontextual teaching learning dalam menulis puisi di kelas V SDN 9
Bongomeme. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian
deskriptifkuantitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui
prosedur angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatancontextual
teaching learning dalam menulis puisi di kelas V SDN 9 Bongomeme masuk pada
klasifikasi baik dengan persentase 81,23%, yang dikembangkan melalui 2
indikator, yaitu indicator penerapan pendekatan contextual teaching learning
masuk pada klasifikasi baik dengan persentase 86,58% dan indikator menulis
puisi dengan menggunakan tema, pilihan kata, rima dan gayabahasa masuk pada
klasifikasi cukup dengan persentase75,88%. Dari hasil analisis data yang
diperoleh melalui angket yang diberikan kepada siswa kelas V dan diperkuat oleh
hasil wawancara dengan guru, dan hasil pengamatan/observasi jelas telah Nampak
bahwa penerapan pendekatan contextual teaching learning dalam menulis puisi di
kelas V SDN 9 Bongomeme telah dilaksanakan/diterapkan.
Kata kunci : Pendekatan CTL, Menulis Puisi.
Download berkas