SKRIPSI

Penulis / NIM
FADILLA SUGEHA / 151410202
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK Fadila Sugeha. Nim 151 410 202. Penerapan Metode Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran IPS Pada Kelas VI Di SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.I, M.H.I Masalah dalam penelitian ini dirumuskan bagaimanakah Penerapan Metode Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran IPS Pada Kelas VI Di SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Metode Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran IPS PadaKelas VI Di SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo .Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di SDN 3 TelagaKabupaten Gorontalo, proses pembelajaran dengan menerapkan Metode Pemecahan Masalah dimulai dari saat guru membuka pelajaran, guru menyampaikan dan menjelaskan materi, cara-cara guru dalam menggunakan metode pemecahan masalah yang sudah sesuai dengan langkah atau prosedur yang ada, dan cara guru dalam mengembangkan pembelajaran serta penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan materi sudah terlaksana dengan baik terlihat dari 21 jumlah siswa keseluruhan dari empat indikator penelitian meliputi penerapan metode pemecahan masalah, ketepatan dalam mengemukakan pendapat sesuai dengan materi, kesimpulan sesuai materi, dan kerjasama kelompok sudah baik, secara presentase terdapat 11 orang siswa yang presentasenya tinggi dan 10 orang siswa yang presentasenya rendah, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS di Kelas VI dengan menggunakan metode pemecahan masalah sudah sesuai dengan teori Penerapan Metode Pemecahan Masalah. Kata Kunci: Penerapan, Metode, PemecahanMasalah, Guru, IPS
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011