SKRIPSI

Penulis / NIM
NURWASI LONI / 151410206
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Nurwasi Loni. 2014. Upaya Guru Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV di SDN 14 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV di SDN 14 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo? Dengan tujuan untuk mendeskripsikan upaya guru meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV di SDN 14 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi upaya guru meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan bilangan bulat pada siswa yaitu guru menggunakan media garis bilangan. Menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Menjelaskan secara berulang materi yang tidak dimengerti siswa. Memberikan arahan dan bimbingan pada siswa yang belum mengerti mengenai materi penjumlahan bilangan bulat. Memberikan tugas-tugas dan evaluasi tentang penjumlahan bilangan bulat. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan guru dapat meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV di SDN 14 Limboto Barat diantaranya menggunakan media dan metode pembelajaran, menjelaskan secara berulang materi yang tidak dimengerti siswa, memberikan arahan dan bimbingan pada siswa yang belum mengerti mengenai materi penjumlahan bilangan bulat, memberikan tugas-tugas dan evaluasi tentang penjumlahan bilangan bulat. Kata Kunci : Upaya, Pemahaman, Konsep, Penjumlahan, Bilangan Bulat
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011