SKRIPSI

Penulis / NIM
IKE INDRIA ILANUNU / 151410207
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Ike Indria Ilanunu. 2014. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Cacah Pada Siswa Di Kelas Awal SDN 7 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan cacah pada siswa di kelas awal di SDN 7 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo? Dengan tujuan untuk mendeskripsikan upaya guru meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan cacah yang dilakukan siswa di SDN 7 Limboto Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi upaya guru meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan cacah di SDN 7 Limboto Barat adalah guru menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas, dan bermain peran serta menggunakan model pembelajaran tipe STAD dan picture and picture. Media yang digunakan yaitu deka-deka, lidi, sedotan dan batu disesuaikan dengan materi yang diajarkan. melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menarik menyenangkan dan menantang, membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi, melakukan remedial terhadap siswa yang belum memahami perkalian bilangan cacah dan kemudian memberikan tambahan pelajaran. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan cacah di SDN 7 Limboto Barat adalah guru menggunakan metode, model dan media yang bervariasi, melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menarik menyenangkan dan menantang, membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi, melakukan remedial terhadap siswa yang belum memahami perkalian bilangan cacah dan kemudian memberikan tambahan pelajaran. Kata Kunci : Upaya, Pemahaman, Konsep, Perkalian, Bilangan Cacah
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011