Penulis / NIM
ROSDIANA A. DAI / 151410210
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Rosdiana A. Dai. 2014, "Meningkatkan hasil belajar siswa tentang energi bunyi
melalui pembelajaran kooperatif model Think Pair Share kelas 4 MIM Swadaya
Biyonga Kec. Limboto Kab. Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim,M.Si.
Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini tentang "Apakah pembelajaran kooperatif
model think-pair-share dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang energi
bunyi pada siswa kelas 4 MIM Swadaya Biyonga?" Sedangkan tujuan dari
penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya tentang
energi bunyi melalui pembelajaran kooperatif model think-pair-share pada siswa
kelas 4 MIM Swadaya Biyonga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada
observasi awal hasil belajar siswa pada pembelajara IPA tentang energi bunyi
hanya 2 orang siswa (12%) yang mampu. Selanjutnya, pada siklus I meningkat
menjadi 6 orang siswa (38%). Terakhir, pada siklus II siswa yang mampu
menjadi 16 orang siswa atau 100%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model think
pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang energi bunyi di MIM
Swadaya Biyonga Kec. Limboto Kab. Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Think Pair Share.
Download berkas