Penulis / NIM
ANGRIYANI MOKODOMPIS / 151410212
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ANGRIYANI MOKODOMPIS 2014. Analisis Kesalahan Pada Karangan Siswa Kelas V di SDN 1 Kuala Kabupaten Bolmong Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Hj Rusmin Husain S.Pd. M.Pd Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M. Hum.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil analisa kesalahan penulisan karangan siswa kelas V di SDN 1 Kuala Kabupaten Bolmong Utara.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kesalahan pada karangan siswa kelas V SDN 1 Kuala Kabupaten Bolmong Utara.
Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukan bahwa dari 7 orang siswa bahwa terdapat banyaknya kesalahan pada penulisan karangan siswa pada kriteria pilihan kata terdapat 43 jumlah kesalahan dalam menulis karangan (43%), pada kriteria struktur kalimat terdapat 23 jumlah kesalahan dalam menulis karangan (23%), pada kriteria ejaan terdapat 147 jumlah kesalahan dalam menulis karangan (100%),pada kriteria tanda baca terdapat 83 jumlah kesalahan dalam menulis karangan (83%), pada kriteria paragraf terdapat 13 jumlah kesalahan dalam menulis karangan (13%).
Berdasarkan hasil penilitian, maka dapat disimpulkan analisis kesalahan pada karangana siswa kelas V SDN 1 Kuala, Kab. Bolmong Utara bahwa masih masih banyaknya jumlah kesalahan pada karangan.
Kata kunci: Kesalahan Dalam Karangan.
Download berkas