Penulis / NIM
IMAS ARUM PANGESTU AJI / 151410218
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Imas Arum Pangestu Aji. Skripsi 2014. Inovasi Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar IPA di SDN 17 Kota Barat Kota Gorontalo. Program Studi S1-PGSD Jurusan Pendidkan guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Gorontalo. Dr. Sukirman Rahim M.Si, Irvin Novita Arifin S.Pd,M.Pd, Selaku Pembimbing I dan Pembimbing II.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1. Bagaimanakah Inovasi Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan Kelas Sebagai Sumber Belajar IPA di SDN 17 Kota Barat Kota Gorontalo?, 2. Bagaimanakah Inovasi Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan Luar Kelas Sebagai Sumber Belajar IPA di SDN 17 Kota Barat Kota Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana :1. inovasi guru dalam memanfaatkan lingkungan kelas sebagai sumber belajar IPA di SDN 17 Kota Barat Kota Gorontalo? Dan 2. inovasi guru dalam memanfaatkan lingkungan luar kelas sebagai sumber belajar IPA di SDN 17 Kota Barat Kota Gorontalo?.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif karena dalam penelitian ini fokus pada mengamati, mencatat, mendokumentasikan hal-hal yang menjadi fokus dalam penelitian. Oleh sebab itu penelitian ini berisi gambaran-gambaran apa yang peneliti amati dan dokumentasikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi akan berjalan lancar jika setiap tahapan dilaksanakan dengan baik, namun ada beberapa hambatan yang membuat guru tidak melakukan inovasi, seperti kesibukan di dalam dan luar sekolah. Selain itu untuk dapat memanfaatkan lingkungan kelas dan sekolah sebagai sumber belajar sarana pembelajaran perlu dilengkapi misalnya melengkapi ruang kelas dengan berbagai hasil karya siswa dan melengkapi lingkungan sekolah dengan apotik hidup, dahi, sarana lainnya.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SDN 17 Kota Barat Kota Gorontalo mengenai Bagaimana inovasi guru dalam memanfaatan lingkungan kelas sebagai sumber belajar IPA dan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPA dapat disimpulkan bahwa tidak semua guru mampu berinovasi, ada beberapa hal yang menyebabkan mereka tidak melakukan inovasi dalam pembelajaran. Sesuai data yang peneliti temui alasan guru tidak berinovasi diantaranya karena mereka berpatokan pada isi dari buku guru pada kurikulum 2013 jadi semua yang mereka akan ajarkan sudah diatur di buku guru, kesibukan di sekolah dan luar sekolah sehingga untuk merancang dan memasukkan inovasi dalam pembelajaran sudah tidak sempat lagi.
Kata kunci : Inovasi, memanfaatkan, lingkungan, sumber belajar
Download berkas