Penulis / NIM
IRMAWATI NUSI / 151410220
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Irmawati Nusi. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi Melalui Media Audio Visual Di Kelas V SDN 17 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd, Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi di kelas V SDN 17 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi melalui media audio visual di kelas V SDN 17 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.
Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran materi tentang kemampuan siswa menulis puisi melalui media audio visual di kelas V SDN 17 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo meningkat kemampuan yang diperoleh siswa sebelum menggunakan media audio visual sejumlah 10 orang atau sebesar 34.49%, pada siklus I meningkat menjadi sejumlah 18 orang atau sebesar 62,06% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 28 orang atau sebesar 89,66%
Dengan adanya peningkatan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi di kelas V SDN 17 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Kemampuan, Menulis, Puisi, Media Audio Visual.
Download berkas