Penulis / NIM
ESTERLIN DJAFAR / 151410222
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Esterlin Djafar. 2014. Penerapan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 17 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI S.Pd, M.Pd dan pembimbing II. Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 29 orang. Tehnik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tehnik observasi, dan wawancara.
Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah Bagaimanakah Penerapan Metode Eksperimen dalam pembelajaran IPA Di kelas V SDN 17 Kota Barat Kota Gorontalo? Tujuan pelaksanaan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan penerapan metode eksperimen di kelas V SDN 17 Kota Barat Kota Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan pada hari jum'at tanggal 9 mei 2014. Hasil penelitian berdasarkan hasil observasi dan hasil wawancara menjelaskan bahwa metode eksperimen sering dilakukan pada pembelajaran IPA. Hal tersebut dibuktikan pada kegiatan guru yang sedang mengajarkan pelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen sudah maksimal dan optimal, Artinya guru telah menguasai pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen. hal tersebut dapat disimpulkan telah di buktikan melalui penelitian di SDN 17 Kota Barat Kota gorontalo, seperti guru menyampaikan materi, menjelaskan cara kerja, melakukan percobaan, membagikan LKS pada siswa dan yang terakhir mengevaluasi. Semua itu telah sesuai dengan langkah - langkah pada penerapan metode eksperimen.
Kata Kunci : IPA, Eksperimen
Download berkas