Penulis / NIM
ISRAWATI E. KUMISI / 151410227
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Israwati. Kumisi. 2015. Deskripsi Penerapan Metode Latihan dalam Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pacahan Berpenyebut Tidak Sama pada Siswa Kelas IV SDN 2 Batudaa, Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan dosen pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan dosen pembimbinga II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode latihan dalam materi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama pada siswa kelas IV SDN 2 Batudaa, Kabupaten Gorontalo?, Dengan tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode latihan dalam materi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama pada siswa kelas IV SDN 2 Batudaa, Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa penerapan metode latihan dalam materi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama pada siswa kelas IV SDN 2 Batudaa, Kabupaten Gorontalo yaitu guru memulai latihan dari hal-hal yang sederhana, menyuruh siswa melakukan latihan sederhana dengan menggunakan kertas, untuk latihan selanjutnya siswa dibagi menjadi empat kelompok secara heterogen. Kemudian guru membagikan LKS dan siswa menyimak penjelasan guru mengenai langkah-langkah yang ada pada LKS tersebut. Siswa menyelesaikan secara berkelompok mengenai penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama. Untuk hasil yang lebih baik siswa diberi pekerjaan rumah (PR). Dengan siswa terus dilatih baik di sekolah maupun di rumah akan menambah keterampilan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan.
Kesimpulan dari hasil penelitian dan pembahasan cara guru dalam menerapkan metode latihan dalam materi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama pada siswa kelas IV SDN 2 Batudaa kabupaten Gorontalo yaitu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, menyediakan media/alat yang konkrit dan mudah dimengerti oleh siswa, memulai latihan dengan hal-hal yang sederhana, membimbing siswa yang mengalami kesulitan serta memberikan kesempatan siswa untuk melatih sendiri di rumah. Sehingga metode latihan mampu melatih siswa dalam mengembangkan kecakapan intelek dalam matematika. Seperti menjumlahkan, mengurangkan, pecahan berpenyebut tidak sama
Kata Kunci : metode latihan, penjumlahan dan pengurangan pecahan
Download berkas