Penulis / NIM
MASRI R. HUSNA / 151410228
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Abstrak
ABSTRAK
Masri R Husna. 151 410 228. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Bermain Suku Kata Pada Siswa kelas II SDN No. 88 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ratnarti Pahrun, S.Pd. M.Pd dan pembimbing II Dra Hawa Pattiiha, S.Pd. M.Pd
Kemampuan membaca permulaan di kelas II SDN No. 88 Kota Tengah Kota Gorontalo, kurang memuaskan karena tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan sekolah. Hal tersebut disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru merupakan metode pembelajaran bersifat konvensional seperti metode ceramah dan penugasan, yang menyebabkan pembelajaran kebanyakan berpusat pada guru dan siswa cenderung lebih pasif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah Untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan metode bermain suku kata pada siswa kelas II SDN No. 88 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas II SDN No. 88 Kota Tengah Kota Gorontalo. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tehnik observasi, tehnik dokumentasi, ehnik tes dan ehnik wawancara.
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus diperoleh hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I sebesar 83.33% dan pada siklus II meningkat meningkat sebesar 91.67% meningkat menjadi 85%. Sedangkan tes kemampuan membaca permulaan siswa pada kondisi awal sebesar 34.80%, Pada siklus I nilai ketuntasan 74% dan tingkat ketuntasan pada siklus II, nilai ketuntasan 91.30%. Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui metode bermain suku kata, guru dapat meningkatkan proses pembelajaran membaca permulaan dan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN No. 88 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Membaca, Metode Bermain Suku Kata
Download berkas