Penulis / NIM
WENNY POU / 151410230
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Wenny Pou. Meningkatkan Kemampuan Menulis Pesan Melalui Gambar Seri Pada Siswa Kelas III SDN No.27 Dungingi Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Penelitian Tindakan Kelas. Program Studi SI PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Dajani Suleman M.hum dan Pembimbing II Hj Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd.
Masalah penelitian ini adalah : “Apakah melalui gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis pesan pada siswa kelas III SDN No. 27 Dungingi Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo?“.Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis pesan pada siswa kelas III SDN No. 27 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo melalui gambar seri.
Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ,yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I terdapat 23 orang siswa atau 69,69% yang dikategorikan tuntas dengan nilai 70 ke atas dan 10 orang siswa atau 30,30 % yang dikategorikan tidak tuntas dengan nilai 70 ke bawah . Sehingga belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan yakni 70% dari seluruh siswa kelas III SDN No.27 Dungingi Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Dengan demikian masih diadakan tindak lanjut ke siklus II. Pada siklus II terdapat 29 orang siswa atau 87,87% yang dikategorikan tuntas dan 4 orang siswa atau 12,12% yang dikategorikan tidak tuntas . Sehingga terjadi peningkatan dan pembelajaran dianggap tuntas.
Disimpulkan bahwa dengan adanya media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis pesan pada siswa kelas III SDN No.27 Dungingi Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Menulis Pesan, Gambar Seri
Download berkas