Penulis / NIM
LINDA RIANA KAULING / 151410238
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Linda Riana Kauling. 2014. Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Membaca
Cerita Siswa di Kelas IV SDN 03 Wonosari Kabupaten Boalemo. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Imu Pendidikan, Universitas
Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II
: Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru dalam
memotivasi belajar membaca cerita siswa di kelas IV SDN 03 Wonosari
Kabupaten Boalemo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru
dalam memotivasi belajar dan bagaimana membaca cerita siswa di kelas IV SDN
03 Wonosari Kabupaten Baolemo dengan menggunakan penelitian deskriptif
kuantitatif.
Hasil penelitian dengan menggunakan angket pada indikator motivasi belajar
memperoleh hasil 85,82%, sedangkan pada indikator membaca cerita 85,1%,
dengan menggunakan wawancara pada indikator motivasi belajar memperoleh
85,82%, pada indikator membaca cerita 85,1%, dan dengan menggunakan
observasi pada indikator motivasi belajar memperoleh hasil 100%, sedangkan
pada membaca cerita memperoleh 84,21%. Dengan demikian peran guru dalam
memotivasi belajar membaca cerita siswa di kelas IV SDN 03 Wonosari
dinyatakan mengalami kemajuan karena melihat hasil yang dicapai
diklasifikasikan baik.
Kata kunci : Memotivasi belajar, membaca cerita
Download berkas