Penulis / NIM
ABDUL RAHMAN KONIJO / 151410241
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Abdulrahman Konijo 2014. "Meningkatkan Kemampuan Siswa Bermain Gitar Melalui Metode Latihan Di Kelas V SDN 4 Tabongo Kabupaten Gorontalo". Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II: Wiwy Triyanty Pulukadang. S.Pd, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode latihan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bermain gitar di kelas V SDN 4 Tabongo Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan dengan metode latihan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas adalah untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan siswa bermain gitar secara siklus dan berkesinambungan dengan pengajaran melalui metode latihan.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada observasi awal siswa yang mampu hanya 10% atau 2 dari 20 siswa. Siklus I kemampuan siswa hanya 55% atau 11 Siswa dan siklus II meningkat menjadi 85% atau 17 siswa
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Metode latihan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bermain gitar di kelas V SDN 4 Tabongo Kabupaten Gorontalo. Untuk itu disarankan Dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan guru harus lebih kreatif dalam menggunakan model-model pembelajaran agar suasana kelas lebih kondusif, efektif dan menyenangkan sehingga mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan tidak lagi dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Metode Latihan.
Download berkas