Penulis / NIM
TITIN H. HURADJU / 151410242
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK
Titin Huradju. NIM : 151 410 242. Meningkatkan Motivasi Siswa Tentang
Materi Kedudukan Anggota Keluarga Melalui Model Picture and Picture di Kelas
II SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan 2014.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model Picture and Picture
dapat meningkatkan motivasi siswa tentang materi kedudukan anggota keluarga di
kelas II SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo? Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan motivasi siswa tentang materi kedudukan anggota keluarga melalui
model Picture and Picture di kelas II SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo
Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan
kelas, yaitu untuk memperbaiki proses pembelajaran tentang peningkatan
motivasi siswa tentang materi kedudukan anggota keluarga melalui model Picture
and Picture.
Hasil analisis data menunjukkan siklus I yaitu 10 dari 22 siswa atau 45,45%
tuntas dengan mendapat nilai 75 ke atas, dan 12 siswa atau 54,54% tidak tuntas
pada materi kedudukan anggota keluarga sehingga dilanjutkan pada siklus II.
Pada siklus II hasil penelitian menunjukkan bahwa 20 dari 22 siswa atau 90,9%
tuntas pada materi kedudukan anggota keluarga dan 2 siswa atau 9,1% tidak
tuntas pada materi kedudukan anggota keluarga.
Berdasarkan analisis serta interpretasi data disimpulkan bahwa, melalui model
Picture and Picture motivasi siswa tentang materi kedudukan anggota keluarga di
kelas II SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata kunci :
1
Model Picture and Picture, Kedudukan anggota keluarga,
Download berkas