SKRIPSI

Penulis / NIM
SARDA DJ DADI / 151410246
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK Sarda Dj Dadi. 2012. Nim. 151 410 246. Skripsi. Meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi perubahan lingkungan melalui penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPA di kelas 4 SDN 2 Upomela Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini apakah Apakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang materi perubahan lingkungan di kelas 4 SDN 2 Upomela Kabupaten Gorontalo?. Adapun tujuan penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang materi perubahan lingkungan di kelas 4 SDN 2 Upomela Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo melalui penerapan pendekatan kontekstual. Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Upomela Kecamatan Bongomeme kabupaten Gorontalo pada pembelajaran IPA tentang materi perubahan lingkungan dari siklus ke siklus. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus I Dari 16 orang keseluruhan jumlah siswa, terdapat 10 siswa yang yang memperoleh nilai 75 ke atas atau sebanyak 63%. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni dari 16 orang keseluruhan jumlah siswa, yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 15 orang siswa dengan persentasenya 94%. Dengan demikian, hal ini sudah memenuhi indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu Untuk hasil belajar siswa minimal 75 % dari seluruh siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 ke atas pada materi sajian dengan daya serap mencapai 75 %. Simpulan dari Penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual sangat baik digunakan dalam pembelajaran IPA tentang materi perubahan lingkungan di kelas IV. Hal tersebut ditunjukan oleh hasilhasil yang diperoleh pada siklus I sampai II yang memperlihatkan peningkatan yang sangat baik. Kata Kunci: Hasil Belajar dan Pendekatan kontekstual
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011