SKRIPSI

Penulis / NIM
YOVAN MARUWAE / 151410249
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK YOVAN MARUWAE, NIM. 151 410 249, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Permasalahan Sosial Melalui Metode Inquiri Di Kelas IV SDN No. 90 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dan Pembimbing II, Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan metode inquiri hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang materi permasalah sosial di kelas IV SDN No. 90 Sipatana Kota Gorontalo dapat meningkat”. Hasil Penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN No. 90 Sipatana Kota Gorontalo dari siklus ke siklus. Hasil tersebut di tujukkan oleh hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I siswa memperoleh nilai 6,5 ke atas adalah 13 siswa atau 59,1 % dan siswa yang memperoleh nilai 6,5 ke bawah adalah 9 siswa atau 40.9% daya serap pada siklus I mencapai 66,7%. Hasil pada siklus 2 siswa yang memperoleh nilai 6,5 ke atas 19 siswa atau 86,4% dan siswa yang memperoleh 6,5 ke bawah adalah 3 siswa atau 13,6% sedangkan pada siklus II daya serap mencapai 77,3% . Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode inquiri dapat meningkat hasil belajar siswa pada pelajaran IPS khususnya pada materi permasalahan sosial di kelas IV SDN No. 90 Sipatana Kota Gorontalo. Hal ini ditunjukkan oleh hasil belajar siswa yang dicapai siswa dari siklus ke siklus. Kata kunci : Hasil belajar siswa, Metode Inquiri
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011