Penulis / NIM
YOVAN MARUWAE / 151410249
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
YOVAN MARUWAE, NIM. 151 410 249, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Permasalahan Sosial Melalui Metode Inquiri Di Kelas IV SDN No. 90 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dan Pembimbing II, Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan metode inquiri hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang materi permasalah sosial di kelas IV SDN No. 90 Sipatana Kota Gorontalo dapat meningkat”.
Hasil Penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN No. 90 Sipatana Kota Gorontalo dari siklus ke siklus. Hasil tersebut di tujukkan oleh hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I siswa memperoleh nilai 6,5 ke atas adalah 13 siswa atau 59,1 % dan siswa yang memperoleh nilai 6,5 ke bawah adalah 9 siswa atau 40.9% daya serap pada siklus I mencapai 66,7%. Hasil pada siklus 2 siswa yang memperoleh nilai 6,5 ke atas 19 siswa atau 86,4% dan siswa yang memperoleh 6,5 ke bawah adalah 3 siswa atau 13,6% sedangkan pada siklus II daya serap mencapai 77,3% .
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode inquiri dapat meningkat hasil belajar siswa pada pelajaran IPS khususnya pada materi permasalahan sosial di kelas IV SDN No. 90 Sipatana Kota Gorontalo. Hal ini ditunjukkan oleh hasil belajar siswa yang dicapai siswa dari siklus ke siklus.
Kata kunci : Hasil belajar siswa, Metode Inquiri
Download berkas