Penulis / NIM
ISWATY HUSAIN / 151410254
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
Iswaty Husain. 2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring melalui Teks di Kelas II SDN 3 Kayubulan Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S-1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Pembimbing II Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd.
Masalah penelitian ini apakah kemampuan membaca nyaring siswa kelas II SDN 3 Kayubulan Kecamatan Limboto dapat ditingkatkan melalui teks? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas II SDN 3 Kayubulan melalui teks. Adapun metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa kemampuan membaca nyaring siswa melalui teks di kelas II SD sudah baik. Hal ini terbukti dengan adanya hasil tes yang dilaksanakan peneliti dalam tindakan siklus di mana pada siklus I diperoleh data yaitu siswa yang memperoleh nilai di atas 7,0 sebanyak 13 orang dengan persentase 54,2% dari jumlah siswa 24 orang, sementara yang memperoleh nilai di bawah 7,0 sebanyak 11 orang atau 45,8%. Pada siklus II siswa yang memperoleh nilai di atas 70 sebanyak 17 orang dengan persentase sebesar 70,8% dari jumlah siswa 24 orang, siswa yang memperoleh nilai di bawah 70 sebanyak 7 orang atau 29,2%. Dengan demikian kemampuan membaca nyaring siswa dikatakan baik karena telah memenuhi syarat standar yang telah ditetapkan oleh peneliti yakni dikatakan mampu apabila daya serap siswa mencapai 70% dari jumlah siswa.
Sesuai dengan hasil analisis data yang diolah secara kualitatif, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan teks kemampuan membaca nyaring siswa kelas II SDN 3 Kayubulan Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata kunci : membaca nyaring, teks.
Download berkas