Penulis / NIM
FAHRIL N. HARUN / 151410263
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Harun, Fahril Nuzul. 2016. Kreativitas Guru Menggunakan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar IPA di SDN 8 Kota Barat Kota Gorontalo.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd dan pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas guru menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar IPA di SDN 8 Kota Barat Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru guru menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar IPA di SDN 8 kota barat kota gorntalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriktif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kreativitas guru dalam menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar di SDN 08 Kota Barat dapat dilihat dari cara guru mengajar, menyesuaikan media dengan materi yang akan diajarkan, serta kreativitas guru SDN 08 Kota Barat masih perlu dikembangkan agar dapat menciptakan siswa yang lebih baik lagi. Dengan demikian dapat dipahami bahwa guru yang kreatif sangat memberi pengaruh terhadap pendidikan siswa serta dapat pula menentukan kualitas dan perkembangan pendidikan siswa yang akan datang. Itulah sebabnya, guru dituntut untuk selalu kreatif dan memiliki multikompetensi dalam membelajarkan siswa serta dapat menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar agar dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan guru.
Kata Kunci: Kreativitas, Lingkungan, Sumber Belajar IPA
Download berkas