SKRIPSI

Penulis / NIM
OLIS HUSAIN / 151410266
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Abstrak
Olis Husain,2012“Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Pengumuman Yang Rumpang Melalui Metode Lastihan Di Kelas IV SDN 5 Kayubulan Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo”Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II: Dra.Hj. Evi Hasim, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah:kemampuan siswa kelas IVSDN 5 Kayubulan Kecamatan Limbotodalam menulis pengumuman yang rumpang masih sangat rendah.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pengumuman yang rumpangmelalui metode latihan.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalahobservasi, tes kemampuan siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif deskriptif persentase. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan satu kali pertemuan yang setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan data observasi awal hasil penilaian terhadap kemampuan siswadalam menulis pengumuman yang rumpangadalah nilai rata-rata 49,85.Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data analisis kemampuan siswa pada evaluasi siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai adalah 64,35. Dari 20 siswa yang terdapat di kelas IV SDN 5 Kayubulan yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar sebanyak 11 siswa atau 55%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 9 siswa atau 45%. Demikian pula hasil analisis belajar siswa pada evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai oleh 20 siswa adalah 75,60. Siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 16 siswa atau 80% sedangkan yang belum tuntas dalam belajar sebanyak 4 siswa atau 20%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode latihan dapat meningkatkan kemampuan menulis pengumuman yang rumpang pada siswa kelas IV SDN 5 Kayubulan Kecamatan Limboto.Disarankan agar guru kelas IV dalam melakukan pembelajaran Bahasa Indonesiadapat menggunakan metode latihan Kata Kunci : kemampuan siswa, pengumuman rumpang, dan metode latihan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011