Penulis / NIM
AGRIYAN H. BOKINGO / 151410267
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
AGRIYAN H. BOKINGO. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menggambar Imajinatif Melalui Model Explicit Instruction Di Kelas III SDN 14 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, M.Si, Dan Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd.,M.Pd.
Rumusan masalah Apakah penerapan model explicit intruction, dapat meningkatkan kemampuan siswa menggambar imajinatif di kelas III SDN 14 Limboto Kabupaten Gorontalo? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menggambar imajinatif melalui model explicit instructiondi kelasIII SDN 14 Limboto Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Pada observasi awal kemampuan siswa dari 20 siswa, yang mampu menggambar imajinatif sebesar 10% atau 2 siswa. Siklus I sebesar 11 siswa55%. Padasiklus I, 17 siswa atau 85% meningkat sebesar 30% dari siklus I.
Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian dengan menggunakan media grafis dan model Explicit Intruction dalam meningkatkan kemampuan menggambar imajinatif dengan indicator sesuai yang di harapkan.
Kata Kunci : Kemampuan Menggambar Model Explicit Intruction
Download berkas