Penulis / NIM
SUTRIYANI MAKO / 151410270
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Sutriyani Mako. 2012. Meningkatkan Keterampilan Bermain Drama Melalui Model Time Token di Kelas V SDN 5 Kayubulan Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S-1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang S.Pd, M.Pd.
Masalah penelitian ini adalah Apakah keterampilan bermain drama melalui model time token di kelas V SDN 5 Kayubulan Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bermain drama melalui model time token di kelas V SDN 5 Kayubulan Kecamatan Limboto. Adapun metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa keterampilan bermain drama melalui model time token di kelas V SDN 5 Kayubulan Kecamatan Limboto sudah baik. Hal ini terbukti dengan adanya hasil tes yang dilaksanakan peneliti yaitu siswa yang memperoleh hasil belajar di atas 70 sebanyak 17 orang atau 77,3% dari 22 siswa, sedangkan siswa yang memperoleh nilai di bawah 70 sebanyak 5 orang atau 22,7%. Dengan demikian keterampilan bermain drama dikatakan telah memenuhi syarat standar yang telah ditetapkan oleh peneliti yakni apabila keterampilan bermain drama dapat meningkat dari observasi awal yang hanya 7 dari 22 siswa atau 31,8%, meningkat minimal 70% dari jumlah siswa.
Sesuai dengan hasil analisis data yang diolah secara kualitatif maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan bermain drama melalui model time token di kelas V SDN 5 Kayubulan Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata kunci : bermain drama, model time token
Download berkas