Penulis / NIM
SRI NOVIKA PANAI / 151410271
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Sri Novika Panai, 2015. Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN 01 Suwawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Program Studi S1-PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd dan Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd, Selaku Pembimbing I dan Pembimbing II.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : 1. Bagaimana penerapan model pembelajaran explicit instruction pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 01 Suwawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango, 2. Bagaimanakah cara guru mengatasi kenndala dalam menerapkan model pembelajaran explicit instruction pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 01 Suwawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango ?. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Penerapan model pembelajaran explicit instruction pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 01 Suwawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango, 2. Cara guru mengatasi kendala dalam menerapkan model pembelajaran explicit instruction pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 01 Suwawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian deskriptif yaitu untuk mengungkapkan penerapan model pembelajaran explicit instruction pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 01 Suwawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa penerapan model explicit instruction pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 01 Suwawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango khususnya materi rangka manusia sudah maksimal, guru sudah menggunakan model explicit instructio pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 01 Suwawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango, sehingga guru tersebut mampu memaksimalkan model explicit instruction dalam pembelajaran IPA dan hal ini sangat membantu guru dalam mengatasi hambatan dalam penerapan model explicit instruction serta membantu siswa sehingga aktivitas belajar siswa meningkat. Oleh karena itu, kreatifitas guru dalam menggunakan model explicit instruction agar lebih ditingkatkan lagi pada mata pelajaran IPA SDN 01 Suwawa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru dapat memaksimalkan penerapan model pembelajaran explicit instruction pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 01 Suwawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Penerapan, Model Explicit Instruction, IPA
Download berkas