SKRIPSI

Penulis / NIM
MAHDALENA SAYEDI / 151410272
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ELLYANA HINTA, M.Hum / 0023086208
Abstrak
ABSTRAK Mahdalena Sayedi. 2014. "Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Model Snowball Throwing di Kelas 3 SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dra.Hj Hakop Walangadi, M.Si, (2) Dra. Elmia Umar, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini apakah penggunaan model snowball throwing dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas 3 SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan model pembelajaran snowball throwing di kelas 3 SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan minat belajar siswa kelas 3 pada pembelajaran IPS dari siklus ke siklus.. Pada siklus I terdapat 13 orang atau 54,17% belum memiliki minat belajar sesuai yang diharapkan dengan rincian yakni; 7 orang atau 29,17% belum memiliki perasaan senang, perhatian dan percaya diri dalam pembelajaran dan 6 orang atau 25% memiliki perasaan senang namun masih kurang dalam perhatian dan percaya diri terhadap pembelajaran IPS.Sedangkan pada siklus 2 yaitu terdapat 23 orang siswa atau 95,84% dengan rincian yaitu 22 orang atau 91,68% dalam kategori baik pada semua aspek, 1 orang atau 4,16% dalam kategori baik pada indikator perasaan senang dan perhatian, namun belum ada aspek percaya diri dan sisanya yaitu 1 orang atau 4,16% masih dalam kategori cukup pada seluruh aspek. Dengan demikian, hal ini sudah memenuhi indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu untuk minat belajar siswa minimal 75 % dari seluruh siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 ke atas pada materi sajian dengan daya serap mencapai 75 %. Simpulan dari Penelitian ini adalah model pembelajaran snowball throwing sangat baik digunakan dalam pembelajaran IPS di Kelas 3 SDN 4 Tabongo Kabupaten Gorontalo khususnya peningkatan minat belajar siswa dalam memahami pembelajaran IPS. Kata Kunci: Minat belajar siswa dan Model Pembelajaran Snowball
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011