Penulis / NIM
HARTATI G. AHMAD / 151410273
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Hartati G. Ahmad. 2014. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Sisi-sisi Bangun Datar Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas II SDN 10 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra.Martianty Nalole,M.Pd dan pembimbing II Dra.Samsiar RivaI,S.Pd,M.Pd
Permasalahanyang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakahkemampuanmengenal sisi-sisi bangun datar dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kontekstual pada siswa kelas II SDN 10 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo ?". Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal sisi-sisi bangun datar melalui pembelajaran kontekstual pada siswa kelas II SDN 10 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelasyang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian pada siklus I diperoleh 12 siswa yang mampu mengenal sisi-sisi bangun datar atau 60% siswamemperoleh nilai KKM 70 ke atas dan 8 siswa yang tidak mampu mengenal sisi-sisi bangun datar atau 40% siswa yang memperoleh nilai KKM di bawah 70. Hal ini belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus IIdiperoleh 17 siswa yang mampu mengenal sisi-sisi bangun datar atau 85%siswa yang memperoleh nilai KKM 70 ke atas dan 3 siswa yang tidak mampu mengenal sisi bangun datar atau 15% siswa memperoleh nilai KKM di bawah 70. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kontekstual, kemampuan mengenal sisi-sisi bangun datar pada siswa kelas II SDN 10 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo, meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan,Sisi-sisi, Bangun Datar, Pembelajaran, Kontekstual
Download berkas