Penulis / NIM
RAINA LANIYO / 151410277
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK
Raina Laniyo, 2014. Faktor-Faktor Penghambat Kreativitas Guru dalam Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran IPS Di SDN 6 Bulango Selatan Kabupate Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Elmia Umar M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah "Apa faktor-faktor penghambat kreativitas guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPS di SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango?." Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penghambat kreativitas guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran di SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, serta teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yaitu Guru SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Analisis data yaitu sejak sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan, dan setelah di lapangan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: faktor-faktor penghambat kreativitas guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPS di SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango di antaranya; terbatasnya waktu pelajaran IPS, terbatasnya pengetahuan guru dalam menggunakan model pembelajarann kooperatif, terdapat karakteristik siswa yang berbeda dan kurangnya pelatihan-pelatihan mengenai PAIKEM.
Kata kunci: Penghambat Kreativitas, model pembelajaran kooperatif
Download berkas