Penulis / NIM
SOFYAN IBRAHIM / 151410278
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Sofyan Ibrahim. 2014. Efektifitas Penggunaan Metode Eksperimen Terhadap Aktivitas Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Materi Bunyi di Kelas IV SDN 6 Limboto Barat. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. SukirmanRahim,M.Si, Dan Pembimbing II Irvin NovitaArifin, M.Pd.
Permasalahan yang di kemukakan kurangnya aktivitas siswa dalam pada pembelajaran IPA, metode pembelajaran yang digunakan masih belum tepat dan kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan motode eksperimen terhadap aktivitas siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi bunyi di kelas IV SDN 6 Limboto Barat. Penulisan penelitian ini menggunanakan pendekatan kualitatif dengan jenis desktiptif melalui jenis pendekatan ini peneliti ingin lebih jauh memberikan gambaran bagaimana masalah yang di temukan dalam penelitian ini yakni efektivitas penggunaan metode eksperimen tehadap aktifitas siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi bunyi di SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Dari hasil penelitian langkah-langkah metode eksperimen yang dilakukan oleh guru sudah maksimal dalam merangsang aktivitas siswa. Aktifitas guru terhadap penggunaan metode eksperimen pada pembelajaran IPA pada materi bunyi yang telah dilakasanakan oleh guru sudah menunjukkan hasil positif dari aspek yang diamati ada 8 poin atau 88,8% yang telah dilaksanakan oleh guru pada proses pembelajaran bahwa aktivitas siswa dalam penggunaan metode eksperimen pada pembelajaran IPA pada materi bunyi di kelas yang telah dilakasanakan sudah menunjukkan hasil positif dari 12 aspek yang diamati ada 10 poin atau 83,3% yang telah terlaksana pada proses pembelajaran. Penelitian ini dapat disimpulkan efektifitas penggunaan metode eksperimen terhadap aktivitas siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi bunyi di kelas IV SDN 6 Limboto Barat menunjukkan hal yang positif dalam arti bahwa penerapan metode eksperimen telah berdampak pada peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Efektifitas, eksperimen, aktivitas.
Download berkas