Penulis / NIM
RAHMAT MANGOPA / 151410279
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Rahmat Mangopa. 2016. Penerapan Metode Karya Wisata Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 13 Kota Barat Kota Gorontalo Skripsi,Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs.H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, MA
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode karyawisata pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 13 Kota Barat Kota Gorontalo. Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode karyawisata pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 13 Kota Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil pengamatan peneliti menunjukkan perbedaan sebelum dan sesudah penerapan metode karya wisata. Terjadi perubahan dalam peoses pembelajaran setelah diterapkanya metode karya wisata diantaranya; siswa lebih kreatif, dapat berpikir kritis, menceritakan peninggalan-peninggalan sejarah, dan menghargai peninggalan sejarah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode karyawisata dalam pembelajaran IPS pada materi jenis-jenis peninggalan sejarah di provinsi gorontalo sudah baik karena mereka dihadapkan langsung dengan situasi yang nyata. Minat serta hasil belajar sebelum dan sesudah pelaksanaan metode karyawisata sangat mengalami perubahan.
Kata Kunci : MetodeKaryawisata, Pembelajaran IPS
Download berkas