Penulis / NIM
SITI PATIMAH / 151410281
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Siti Fatimah, 2014. Penerapan Model PembelajaranAktif, Kreatif, EfektifdanMenyenangkan(Pakem) padamatapelajaran IPA di SDN 10 Bongomeme. Skripsi.JurusanPendidikan Guru SekolahDasar,FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeriGorontalo. Pembimbing I Prof.Dr.H. Abdul HarisPanaiS.PdM.PddanPembimbing II Irvin NovitaArifinS.Pd, M.Pd
Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalahbagaimanakahpenerpan Model PembelajaranAktif, Kreatif, EfektifdanMenyenangkan (PAKEM) padamatapelajaran IPA di SDN 10 Bongomeme?Tujuanpenelitianiniuntukmemperolehgambaran yang jelastentangPenerapan Model PembelajaranAktif, Kreatif, EfektifdanMenyenangkan (PAKEM).Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkualitatif, dengantehnikpengumpulan data yakniobservasi, wawancaradandokumentasi.Hasilpenelitianinipenelitimelihatbahwa model pembelajaranaktif, kreatif, efektifdanmenyenangkan (PAKEM)sangatmemudahkan guru dalammembelajarkanmaterikhususnyauntukmatapelajaran IPA,Dengan di terapkannya Model pembelajaranAktif, Kreatif, Efektif, danMenyenangkan (PAKEM) membuatsiswa SDN 10 Bongomemebisamenerimamateri yang di berikan guru denganbaik, karenaadanyakerjasamaantarasiswadan guru dalam proses pembelajaran, terutamaadanyapenghargaan yang di berikan guru padakelompokterbaik, pemberianpenghargaaninitelahmemunculkanefekpositifpadasiswasehinggasiswasemakinantusiasdalammengikutipelajaran.Penerapaninibisaterlaksanasesuaidengan yang di harapakankarenaadanyapartisipasiantara guru dengansiswa.Darihasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapan Model PembelajaranAktif, Kreatif, EfektifdanMenyenangkan (PAKEM)di SDN 10 BongomemeKabupatenGorontalosudah optimal.
Kata Kunci : Model PembelajaranAktif, Kreatif, Efektif Dan
Menyenangkan (PAKEM)
Download berkas