SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI YOLANDA KAI / 151410283
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK Sri Yolanda KaI,2012“Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Struktur Bumi Melalui Model Konstruktivisme Di Kelas V SD Muh. Bolihuangga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo”Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Prof. Dr. H.Abd Haris Panai, M.Pd, serta Pembimbing II : Drs. Ahmad Lamusu, M.Pd.Masalah dalam penelitian ini adalah: rendahnya hasil belajar siswa kelas VSD Muhammadiyah Bolihuangga Kecamatan Limbotopada mata pelajaran IPA materi struktur bumi.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui model konstruktivisme.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif deskriptif persentase. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan satu kali pertemuan yang setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan data observasi awal hasil penilaian terhadap hasil belajar siswapada materi struktur bumiadalah nilai rata-rata 58.Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan. Data analisis hasil belajar siswa pada evaluasi siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai adalah 67. Dari 20 siswa yang terdapat di kelas V SD Muhammadiyah Bolihuangga yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar sebanyak 12 siswa atau 60%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 8 siswa atau 40%. Hasil analisis belajar siswa pada evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai oleh 20 siswa kelas V adalah 73,5. Siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 16 siswa atau 80% sedangkan yang belum tuntas dalam belajar sebanyak 4 siswa atau 20%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mata pelajaran IPA dengan menggunakan model konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajarsiswa kelas V SD Muhammadiyah Bolihuangga Kecamatan Limboto.Untuk itu disarankan agar guru kelas V dalam melakukan pembelajaran IPAdapat menggunakan model konstruktivisme. Kata Kunci : Hasil belajar siswa, dan model konstruktivisme
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011