Penulis / NIM
ERYUNITA IMRAN / 151410286
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK
Eryunita Imran,2012“Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Melalui Model Investigasi Kelompok Di Kelas IV SDN 1 Hutuo Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo”Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Prof. Dr. Abdul Haris Panai,M.Pd Pembimbing II : Drs. Ahmad Lamusu, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini adalah: rendahnya hasil belajar siswa kelas IVSDN 1 Hutuo Kecamatan Limbotodalam mata pelajaran IPA materi tentang gaya.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA melalui model investigasi kelompok.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan teknik observasi dan tes kemampuan siswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif deskriptif persentase.
Berdasarkan data observasi awal hasil penilaian terhadap hasil belajar siswaadalah nilai rata-rata 53,33.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan satu kali pertemuan yang setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data analisis kemampuan siswa pada evaluasi siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai adalah 66,67. Dari 30 siswa yang terdapat di kelas IV SDN 1 Hutuo yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar sebanyak 17 siswa atau 48,14%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 14 siswa atau 56,67%. Hasil analisis belajar siswa pada evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai oleh 30 siswa kelas IV adalah 74,33. Siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 24 siswa atau 80% sedangkan yang belum tuntas dalam belajar sebanyak 6 siswa atau 20%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model investigasi kelompok dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN 1 Hutuo Kecamatan Limboto.Untuk itu disarankan agar guru kelas IV dalam melakukan pembelajaran IPA dapat menggunakan model investigasi kelompok.
Kata Kunci : hasil belajar, gaya,model investigasi kelompok.
Download berkas