Penulis / NIM
MOHAMAT ANSAR A. NENGO / 151410287
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Mohamat Ansar A. Nengo. 2015. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SDN 64 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 64 Kota Timur Kota Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 64 Kota Timur Kota Gorontalo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti mengajukan 16 pertanyaan kepada guru dan 14 pertanyaan kepada siswa untuk memperoleh informasi terkain faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar siswa ternyata dari 32 siswa yang menerima pelajaran hanya 8 orang siswa yang dapat menerima pelajaran dengan baik, dan 24 orang siswa yang cukup dalam menerima pelajaran dengan baik.
Kesimpulannya yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu guru yang belum maksimal dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Serta faktor fisiologis yang terdiri jasmani dan panca indera dan Faktor sosial yang terdiri dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
Kata Kunci: Faktor-Faktor, Prestasi, Belajar.
Download berkas