SKRIPSI

Penulis / NIM
MURTIN GOLONGGOMO / 151410288
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK Murtin, 2012.MeningkatkanPemahamanSiswaPada Mata PelajaranPKnMateriKedisiplinanMelaluiMetodePenugasan Di Kelas II SDN 2 SuwawaTimurKabupaten Bone Bolango.Skripsi, JurusanPendidikan Guru SekolahDasar, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeriGorontalo. Pembimbing I Dra.Elmia Umar, M.Pd, Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pdi, M.Hi. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran PKn materi kedisiplinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn materi kedisiplinan melalui metode penugasandi kelas II SDN 2 SuwawaTimurKabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukandi kelas II SDN 2 SuwawaTimurKabupaten Bone Bolango.Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 25 orang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan yang setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data analisis pemahaman siswa pada evaluasi siklus I menunjukkan nilai rata-rata yang dicapai adalah 64,4. Dari 25 siswa yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar sebanyak 12 siswa atau 48%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 13 siswa atau 52%. Hasil analisis belajar siswa pada evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai oleh 25 siswa kelas II adalah 76,8. Siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 21 siswa atau 84%, sedangkan yang belum tuntas dalam belajar sebanyak 4 siswa atau 16%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode penugasan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas II SDN 2 Suwawa Timur Kabupaten Bone Bolango dalam mata pelajaran PKn materi kedisiplinan. Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Metode Penugasan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011