SKRIPSI

Penulis / NIM
YUYUN ISHAK / 151410289
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK Yuyun Ishak. 2012. Meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep gaya gesek melalui penerapan metode bermain peran di kelas V SDN 2 Upomela Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof Dr.H. Abdul Haris PanaI, S.Pd M.Pd, dan Pembimbing II Drs. Ahmad Lamusu,S.Pd M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini apakah Apakah penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep gaya gesek di kelas V SDN 2 Upomela Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo?. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada gaya gesek melalui penerapan metode bermain peran di kelas V SDN 2 Upomela Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Upomela Kecamatan Bongomeme kabupaten Gorontalo pada pembelajaran IPA pada konsep gaya gesek dari siklus ke siklus. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus I Dari 18 orang keseluruhan jumlah siswa, terdapat 9 siswa atau sebanyak 50% yang memperoleh nilai dengan kualifikasi baik dan sangat baik. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni dari 18 orang keseluruhan jumlah siswa, yang memperoleh nilai dengan kualifikasi baik dan sangat baik adalah 17 siswa atau sebanyak 94%. Dengan demikian, hal ini sudah memenuhi indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu Jika dalam pembelajaran IPA tentang konsep gaya gesek, guru menerapkan metode bermain peran, maka hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Upomela Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo akan meningkat. Simpulan dari Penelitian ini adalah metode bermain peran sangat baik digunakan dalam pembelajaran IPA pada konsep gaya gesek di kelas V. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil-hasil yang diperoleh pada siklus I sampai II yang memperlihatkan peningkatan yang cukup baik. Kata Kunci: Hasil Belajar dan Metode Bermain Peran
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011