Penulis / NIM
DJELKY GINOGA / 151410291
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Djelky ginoga.Deskripsi peran guru dalam menerapkan model pembelajaran koperatif tipe STAD(student teams achievement division ) pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 2 tapa kecamatan tapa Kabupaten bone bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2014 Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim M.Si, dan Pembimbing II Meylan Saleh, S,pd M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Bagaimanakah peran guru dalam menerapkan model pembelajaran koperatif tipe STAD(student teams achievement division ) pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 2 tapa kecamatan tapa Kabupaten bone bolango?'' Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menerapkan model pembelajaran koperatif tipe (student teams achievement division )STAD pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 2 tapa kecamatan tapa Kabupaten bone bolango.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru sangat penting dan berguna bagi siswa, siswa merasa senang dan termotivasi dalam menerima pelajaran. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran guru dapat memberikan kemudahan belajar bagi seluruh peserta didik, agar dapat mengembangkan potensinya secara optimal.
Kata Kunci : peran guru,pembelajaran IPA
Download berkas