Penulis / NIM
SRIWILIN MOHAMAD / 151410296
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Sriwilin Mohamad. 2014. Meningkatkan Penguasaan Spelling English Word Melalui Model Snowball Throwing pada Siswa Kelas V di SDN 2 Leboto Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr.Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II: Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bermaksud untuk melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran melalui model snowball throwing untuk meningkatkan penguasaan siswa kelas V SDN 2 Leboto Kabupaten Gorontalo Utara pada materi spelling english word.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian melalui tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah terjadi peningkatan penguasaan spelling English word pada 70% siswa melalui model snowball throwing.
Berdasarkan data yang diperoleh dari pembelajaran yang dilakukan pada observasi awal, hanya 6 orang atau 30% dari 20 siswa yang mencapai nilai ketuntasan yang ditetapkan. Pembelajaran siklus I setelah memperoleh tindakan melalui model snowball throwing, dari 20 siswa, terdapat 10 orang atau 50% mengalami peningkatan, dan pada pembelajaran siklus II mengalami peningkatan sejumlah 17 siswa atau 85% dari 20 orang siswa mencapai ketuntasan dan juga indikator kinerja yang ditetapkan. Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model snowball throwing dapat meningkatan penguasaan spelling English word pada siswa kelas V SDN 2 Leboto Kabupaten Gorontalo Utara.
Kata kunci: spelling English word, model snowball throwing
Download berkas