SKRIPSI

Penulis / NIM
I WAYAN MANDRI / 151410301
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK I Wayan Mandri. Skripsi “Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Bagian-Bagian Tumbuhan melalui Metode Discovery di Kelas IV SDN 06 Wonosari Kabupaten Boalemo”. Skripsi Program Studi S1 – PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah apakah metode discovery dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan di Kelas IV SDN 06 Wonosari Kabupaten Boalemo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN 06 Wonosari Kabupaten Boalemo pada materi Bagian-bagian tumbuhan melalui metode discovery. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang dilaksanakan di kelas IV SDN 06 Wonosari Kabupaten Boalemo dengan subjek penelitian siswa yang berjumlah 24 orang, yang diolah secara kuantitatif, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, dari jumlah siswa sebanyak 24 orang, siswa yang memperoleh nilai yang mencapai ketuntasan dengan indikator kinerja mencapai 75% dari hasil yang dicapai pada siklus I mencapai 71% atau 17 orang hal ini belum berhasil, sehingga dilaksanakan tindakan ke siklus II, hasil yang dicapai dengan ketuntasan mencapai 92% atau 22 orang hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa tentang bagian-bagian tumbuhan di kelas IV SDN 06 Wonosari Kabupaten Boalemo dapat ditingkatkan melalui metode discovery. Dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Bagian-Bagian Tumbuhan, Metode discovery
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011